Jelang Ramadhan, Sayuran Lebih Murah Meriah

0
73
Sayuran di Pasar Kepanjen (Tika)
Sayuran di Pasar Kepanjen (Tika)

MALANGVOICE-Harga beberapa barang kebutuhan pokok menjelang Ramadhan memang terpantau naik. Kenaikan mencolok dan cukup dirasakan baik oleh pedagang atau pembeli adalah kenaikan harga gula merah dan gula putih per kilogramnya.

Walau ada komoditi yang mengalami peningkatan harga, namun beberapa komoditi justru mengalami penurunan harga. Utamanya dari sayur-mayur.

Harga sayuran di Pasar Kepanjen misalnya, sudah mengalami penurunan sejak dua minggu lalu. Sayur brokoli misalnya, dari harga semula Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 20 ribu per kilogram.

Kemudian untuk komoditi lainnya, cabe kecil yang harganya sempat membumbung tinggi, Rp 40 ribu per kilogram, sekarang hanya menjadi Rp 16 ribu per kilogram.

“Khusus untuk cabe kecil ini kenaikannya bertahap. Semula Rp 40 ribu, menjadi Rp 20 ribu dan sekarang menjadi Rp 16 ribu,” jelas salah satu pedahang, Fitriyah.

Sementara itu, sayuran lain yang harganya juga menurun adalah tomat. Harga tomat semula Rp 12 ribu, menjadi Rp 7 ribu per kilogramnya.

“Permintaan juga tidak begitu banyak untuk sayuran. Jadi harganya tetap murah. Kentang yang agak mahal, sekarang Rp 12 ribu. Sebelumnya Rp 9 ribu,” jelas pedagang lain, Budiono.