Jambu, Si Merah untuk Daya Tahan Tubuh

0
388
Jambu merah (anja)
Jambu merah (anja)

MALANGVOICE – Cuaca tidak menentu tentu mempengaruhi kondisi tubuh. Maka, jangan tunggu sakit. Konsumsi makanan sehat terutama buah bisa menguatkan imun tubuh. Buah-buahan tinggi vitamin C sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika cuaca selalu berubah-ubah.

Seorang dokter di jalan MT. Haryono, dr Sri Muliani, menyarankan jambu biji karena banyak mengandung vitamin C dan zat lain yang dapat melindungi sel tubuh seperti polifenol, asam askorbat, dan karetenoid.

“Zat dalam jus jambu biji ini membantu memperlambat atau menghentikan efek berbahaya dari oksidasi,” katanya saat dihubungi MVoice beberapa menit lalu.

Kandungan vitamin C dalam buah jambu biji bahkan lebih banyak daripada buah jeruk. Dalam setiap 100 gram guava setidaknya terdapat 228 mg vitamin C.

Dia menambahkan, karena vitamin C tidak bisa dibuat atau disimpan oleh tubuh kita, maka disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C setiap hari.

Anak kecil setidaknya membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 15-45 mg per hari, remaja 14-18 tahun memerlukan 65­75 gram vitamin C per hari, dan orang dewasa memerlukan 75-90 mg vitamin C per hari.

“Justru si perokok dan wanita hamil sangat butuh vitamin C sebenarnya,” tandasnya.