Ini Komentar Pakde Karwo Soal Jembatan Soehat

0
115
Tim UPT
Tim UPT Bina Marga sedang cek Jembatan Soehat

MALANGVOICE – Geger foto Jembatan Soekarno-Hatta (Soehat) dalam kondisi melengkung di media sosial mendapat perhatian serius dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Dalam cuitannya di akun media sosial twitter, pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu mengklarifikasi beredarnya foto yang membuat warga Kota Malang resah. “Terlepas apakah foto ini hoax atau tidak, saya tetap berkewajiban mengklarifikasi kondisi jembatan Soehat,” tulis Pakde Karwo dalam twitternya.

Ia menambahkan, berdasar laporan data teknis Dinas PU Bina Marga serta pantauan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, jembatan Soehat saat ini masih aman.

“Saya jelaskan, jembatan ini dibangun pada 1988 dan masih bisa bertahan minimal 50 tahun. Secara teknis tidak ada masalah,” imbuhnya.

Bila jembatan terlihat melengkung, lanjut Pakde Karwo, bisa dikarenakan faktor pengambilan gambar dari jarak jauh, dan itu bisa terjadi pada semua jembatan, tidak hanya Jembatan Soehat,” tandasnya.

“Pada 2014 Pemkot minta ke saya agar jembatan diganti, namun bukan soal teknis, tapi soal estetika, sehingga tidak saya respon,” tegasnya

“Karena ramainya pemberitaan di Medsos, hari ini PU Bina Marga ke lokasi mengambil gambar dari udara, untuk memastikan keamanan jembatan,” timpal Karwo.

Gubernur Jawa Timur juga merekomendasikan beberapa hal dalam twit-nya, dari renovasi hingga ganti jembatan baru. “Rekomendasi 1, direnovasi ringan. 2, direnovasi dengan perbaikan seluruhnya, dan 3, diganti baru. Semuanya tergantung pusat sekarang,” pungkasnya.