Ini Dia Tips Sukses Merintis Bisnis Bagi Pemula

0
21
Cafe Kecil (anja)

MALANGVOICE – Menjalankan bisnis pasti menemui banyak tantangan. Untuk itu diperlukan keahlian dan langkah yang benar dalam melakukannya.

Pada dasarnya usaha bisa dilakukan siapa pun, tergantung kemauan dan kerja kerasnya. Ini dia kiat sukses merintis bisnis menurut Ario Rachman, pemilik cafe di daerah Tegalgondo, Malang.

Menurut Rachman, peluang bisnis semakin mudah didapat, karena perkembangan di dunia online sudah semakin pesat, sehingga pebisnis dihadapkan banyak pilihan peluang menarik. Namun, fokuslah pada satu peluang saja, dan jangan menjalankan banyak bisnis bersamaan.

“Fokuslah pada satu peluang, maka seluruh ide dan kreativitas kamu di dalam bisnis akan berjalan secara terorganisir, begitu juga pelaksanaannya di lapangan,” kata dia.

Ia menambahkan, biasanya beberapa pengusaha sukses membangun bisnisnya berdasarkan hobi yang mereka geluti, itulah kenapa mudah sekali bagi mereka untuk meraup keuntungan.

“Yang suka musik, ya jualan alat musik juga bisa. Yang suka lukis, ya jualan lukisannya. Saya suka ngopi dan nongkrong ya saya buka cafe,” katanya.

Berkonsultasi dengan orang lain juga penting. Menurutnya, berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman, atau orang sukses lainnya, dapat memberi pelajaran berharga dari apa yang telah mereka lakukan.

“Biasanya mereka ngasih masukan tentang produk kamu. Yang jelas minta masukan yang positif dan membangun. Bertemanlah juga dengan kawan-kawan yang juga memiliki bisnis,” kata dia lagi.

Terakhir, ia berpesan, menjadi pengusaha bukan berarti hidup bergelimang harta, makan mewah-mewah dan punya rumah besar. Sebaliknya, hiduplah sederhana dan nikmati setiap proses menuju sukses.