Ini Dia Tips Anti Ngantuk Saat Mudik

0
80
Mudik menggunakan mobil (Anja)

MALANGVOICE – Agar perjalanan mudik tak terganggu rasa kantuk, Anda yang membawa kendaraan sendiri sering mengandalkan kopi atau minuman berenergi lainnya. Jangan sembarangan, konsumsi asupan seperti itu tetap ada aturannya.

Menurut seorang Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Iwan Sasmito SpPD, perjalanan mudik sebaiknya dilakukan pagi hari.

“Saat pagi, tubuh masih dalam kondisi segar atau belum lelah karena suatu aktivitas. Udara jalan raya juga belum banyak tercemar polusi kendaraan,” katanya saat dihubungi MVoice.

Ia juga menambahkan, menurut penelitian, mengendarai pada siang hari dianggap lebih aman dibandingkan malam hari. Sebab jika dilakukan setelah melakukan aktivitas sehari-hari, fisik tubuh sudah lelah.

“Aktivitas mungkin sudah menguras tenaga dan pikiran sehingga terlalu berisiko di jalan karena rasa kantuk dan kelelahan ya,” katanya.

dr Iwan juga menuturkan, minuman berenergi memang dapat membantu mengurangi rasa lelah karena mengandung gula sebagai sumber energi dan mengurangi rasa kantuk karena mengandung kafein. Namun sebaiknya tetap jangan dikonsumsi secara berlebihan.

“Untuk persiapan perjalanan jauh, cukup tidur malam hari sebelumnya sekitar 4 sampai dengan 8 jam, makan tidak terlalu kenyang, jangan mengonsumsi karbohidrat atau makanan yang berlemak scara berlebihan seperti kue-kue yang terlalu manis. Sebaliknya, cukupi konsumsi protein dan buah-buahan,” tutur pria 2 anak ini