Ini Dia, Karakter Utama Pelamar yang Dicari Perusahaan

0
108
Yunaidi Purwanto (anja)

MALANGVOICE – Tujuan perusahaan melakukan wawancara kerja adalah mencari karyawan layak dan kompeten di bidangnya. Perusahaan akan jeli dan teliti menilai calon karyawan terutama dalam hal karakter. Menurut Yunaidi Purwanto, Konsultan SDM PM Organizer Malang, ada 4 karakter utama yang dicari setiap perusahaan, dirangkum oleh MVoice sebagai berikut:

1. Inisiatif

Orang yang inisatif selalu mudah diingat. Orang ini juga identik dengan gambaran orang yang selalu mengejar dan berusaha atas apa yang diinginkannya.

2. Cepat Beradaptasi

Karyawan baru mungkin saja merasa canggung, bingung, dan sering merasa tak betah dengan lingkungan kerja. Namun beradaptasi dengan cepat dapat membuat seseorang lebih mudah diterima di lingkungan kerja serta tidak menutup kemungkinan untuk mempunyai pengalaman baru.

3. Mampu Bekerja Secara Tim

Kemampuan untuk me-manage kerja sama sangat dibutuhkan di dunia kerja untuk mencapai keberhasilan individu dan organisasi. Seseorang harus mampu membangun semangat di dalam tim dan fokus dengan pekerjaan yang dikerjakan bersama.

4. Berpikir Analitis

Berpikir analitis merupakan aspek kognitif dimana seseorang dapat menguraikan atau memisahkan suatu hal berdasarkan bagian-bagian tertentu, dan mampu melihat suatu masalah secara keseluruhan lalu menemukan solusinya.