Ini Dia Kandungan dan Manfaat Delima yang Jarang Diketahui

0
206
delima merah atau pomegranate (anja)
delima merah atau pomegranate (anja)

MALANGVOICE – Delima memiliki nama latin Punica Granatum adalah tanaman tropik yang tumbuh di tanah gembur atau kebun. Delima ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan.

Seorang dosen biologi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Drs Anjisman MPd mengatakan, ada banyak kandungan zat di dalam buah delima seperti granatin, betulic acid, ursolic acid, elligatanin, resin, kalsium oksalat, maupun pati.

“Bahkan di dalam kulit akar dan kulit kayunya mengandung 1% senyawa alkaloid, 20% elligatanin, metilpelletirine, pseudopelletierine, dan lainnya,” paparnya kepada MVoice.

Sedangkan pada daun tanamannya mengandung kalsium oksalat, lemak, sulfur, tanin, dan alkaloid. Delima pun telah banyak digunakan untuk menyembuhkan aneka macam penyakit oleh masyarakat secara tradisional.

Dia menambahkan, delima bisa menyembuhkan aterosklerosis dan osteoarthritis. Yaitu kerusakan yang disebabkan karena penebalan dan pengerasan dinding arteri dan tulang rawan dan sendi.

“Kandungan zat besi yang dimiliki oleh buah delima dapat mengurangi gejala anemia, seperti kelelahan dan pusing,” tutupnya.