Ini Dia Bocoran Tips Lolos Live Interview!

0
38
Live Interview
Bilik live interview. (anja)

MALANGVOICE – Bagi yang baru lulus kuliah, tahapan interview pada proses melamar kerja dianggap paling mendebarkan, terutama jika mengikuti job fair. Perusahaan selalu menghendaki proses live interview.

Menurut salah satu interviewer di acara Indonesia Career, Afif Ashar, fresh graduate disarankan tampil percaya diri selama proses wawancara.

“Minimal mereka berani mengikuti interview. Pokoknya mereka tidak perlu gugup, dan tetap santai. Lagi pula perusahaan biasanya tidak mencari yang muluk-muluk, karena kita juga pernah mengalami posisi seperti mereka,” katanya kepada MVoice.

Ia menambahkan, peserta wawancara harus mampu menunjukkan pola pikir yang positif.

“Hal itu bisa dilihat dari sopan santun, cara berbicara, apakah tergolong orang terbuka atau tertutup. Pola pikir positif ini menentukan etos kerja mereka,” imbuhnya.

Lebih lanjut, tentu saja pengalaman organisasi juga menentukan. Tapi hal itu bisa tergantung dari posisi pekerjaan yang diincar si fresh graduate.

“Berhubung saya dari perusahaan IT, saya butuh karyawan yang minimal punya kemampuan logika baik, cepat tanggap, dan kemampuan atau skill IT. Tanpa pengalaman organisasi pun saya rasa tidak masalah,” tutupnya.