Ini 7 Makanan Penyebab Kembung

0
33
Kembung sangat mengganggu (ehealthstuff.com)

MALANGVOICE – Perut kembung memang mengganggu. Tapi, tidak semua makanan menjadi penyebab perut kembung.

Makanan penyebab kembung biasanya mengandung karbohidrat yang susah dicerna usus, tapi di fermentasikan oleh bakteri secara cepat. Proses ini ciptakan gas, yang membuat perut menjadi kembung atau begah.

Cara sederhana menghilangkan kembung adalah dengan minum air, olahraga, dan berbaring istirahat. Selain itu, ada beberapa makanan yang perlu dihindari.

1. Yogurt
Yogurt terkenal sebagai makanan kaya probiotik. Tapi, beberapa tipe yogurt sebenarnya malah membawa efek buruk dari pada baik. Itu karena produk olahan mengandung senyawa gula laktosa yand difermentasi dalam tubuh lalu menyebabkan kembung.

Yogurt rendah lemak dan gula sebenarnya aman di konsumsi, yang penting gula yang dikandung tidak lebih dari 30 gram. Semakin manis, semakin bikin kembung.

2. Sayuran
Brokoli, bayam, dan sawi mengandung karbohidrat yang disebut raffinose. Ketika memakannya, enzim tidak memecah senyawa raffinose. Selanjutnya senyawa ini diteruskan ke dalam halus tanpa dicerna. Dan ketika makanan masuk ke usus besar tanpa di cerna, otomatis bakteri pada usus akan memfermentasi zat tersebut. Imbasnya, gas hasil fermentasi sebabkan perut menjadi kembung.

3. Kacang
Zat pati adalah jenis serat yang susah dicerna. Pati ini ditemui di permukaan kulit kacang. Caranya, rendam kacang semalaman untuk menghilangkan zat tersebut.

4. Bawang
Fruktan, zat yang ditemukan pada bawang susah dicerna oleh usus. Sehingga akan menyebabkan kembung dan begah.

5. Semangka
Buah yang sangat manis kaya akan fruktosa. 30-40% manusia susah menyerap fruktosa. Zat ini kemudian menyebabkan kembung.

sumber:
prevention.com
webMD.com