Hujan Abu Bromo Tipis, Aktivitas Warga Kepanjen Tak Terganggu

Warga tetap beraktivitas seperti biasa di Kota Kepanjen (fathul)

MALANGVOICE – Abu vulkanik akibat erupsi Gunung Bromo hanya sedikit menghujani Kota Kepanjen, Kabupaten Malang. Di jalan-jalan, warga sudah memakai masker, meski aktivitas tetap berjalan seperti biasanya.

Dari pantauan MVoice, hujan abu ini sangat terasa saat melakukan perjalanan di Kota Malang. Bahkan jika kaca helm kendaraan roda dua dibuka, abu akan langsung masuk ke mata dan mulut sehingga banyak warga berhenti dari kendaraannya.

Memasuki wilayah Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, volume abu sudah berkurang. Namun pengendara dan warga masih memakai masker. Sementara sesampainya di Kota Kepanjen, hujan abu berkurang drastis hingga siang ini.

Munandar, petugas parkir di Jalan PB Sudirman, mengatakan, beberapa hari terakhir Kota Kepanjen diguyur abu Bromo. Ia pun menyediakan beberapa masker untuk digunakan selama setengah hari ia kerja.

“Abu banyak dua hari lalu, pengendara pada mengeluh saat hendak parkir. Tadi pagi lumayan, sekarang sudah berkurang. Terasanya kalau naik motor, atau kalau naik mobil kacanya jadi berdebu,” ujarnya saat ngobrol dengan MVoice.