Hore, Bantuan PKH Tetap Cair Lebih Awal

0
2359
Siswa SD dari keluarga kurang mampu menjadi salah satu sasaran dana PKH (ilustrasi/fia)

MALANGVOICE – Pencairan dana bantuan tetap untuk keluarga miskin yang dimajukan dari semester pertama menjadi semester kedua membuat bantuan yang diterima masyarakat miskin melalui Program Keluarga Harapan (PKH) mengalami kenaikan dari awal Rp 9 miliar, menjadi Rp 25 miliar.

“Rencana di akhir Maret pencairan PKH Rp 9 miliar. Namun karena program bantuan tetap yang biasanya dicairkan di tahap kedua dimajukan, maka nilai total pencairan naik menjadi Rp 25 miliar,” jelas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang, Sri Wahyu Pudji Lestari.

Salah satu daerah penerima bantuan adalah Poncokusumo. Di kecamatan yang berada di sisi timur itu, ada 1.555 penerima dengan total bantuan yang dicairkan sebesar Rp 2 miliar. Khusus untuk bantuan tetap, masing-masing penerima memperoleh Rp 500 ribu. Sementara PKH yang diberikan untuk pelajar dan ibu hamil serta menyusui, besarannya bervariasi mulai dari Rp 450 ribu hingga Rp 1 juta.

Berdasar data Dinsos Kabupaten Malang, penerima PKH tertinggi berasal dari golongan SDyang mencapai 25.348 orang, disusul balita sebanyak 14.317 orang, pelajar SMP 11.397 orang, pelajar SMA 2.720 orang dan ibu hamil 1.085 orang.