Hlukkk… Dindik Diprotes Orangtua Siswa Jalur Prestasi

0
174
Orangtua menunjukkan sertifikat prestasi anaknya (anja)

MALANGVOICE – Hasil verifikasi prestasi calon siswa PPDB Jalur Prestasi 2016 diumumkan hari ini, di Dinas Pendidikan Kota Malang. Banyak wali murid mengaku kecewa, bahkan curiga ada permainan dalam sistem penerimaan jalur ini.

Salah satu wali murid, Eli Sukmawati, mengaku kecewa, karena anaknya, Romeo Alif Pratama, tidak lolos verifikasi prestasi tanpa ada alasan yang jelas dari tim panitia seleksi di Dindik.

Bambang protes dan kecewa (anja)
Bambang protes dan kecewa (anja)

“Aneh saja, karena ini lombanya tingkat Jawa Timur. Anak saya juara 3 lomba sepatu roda tingkat provinsi, Piala Ibu Negara,” katanya, sembil menunjukkan sertifikat, beberapa menit lalu.

Secara terpisah, wali murid lain, Bambang, juga kecewa kenapa siswa dengan prestasi yang biasa-biasa saja malah terverifikasi, sedangkan yang berprestasi tingkat nasional tidak terverifikasi.

“Anak saya, Vio juara 1 Lomba Pramuka tingkat provinsi, tapi tidak lolos. Padahal teman-temannya dengan prestasi yang sama lolos. Lha ini apa pertimbangannya? Kami tidak dikasih tahu. Saya yakin ada permainan. Saya lapor ombudsman nanti,” tandasnya, saat ditemui MVoice di Dindik, beberapa menit lalu.

Melihat pengumuman (anja)
Melihat pengumuman (anja)

Di sisi lain, siswa SMP 21 Malang, Muhammad Haikal Haves, berhasil diferivikasi jalur prestasi. Ia pernah mendapat juara 1 di Lomba Pendidikan Bahasa Indonesia tingkat kota. Namun tidak berhasil meraih juara di tingkat provinsi.

“Ini saya dan teman-teman di lomba yang sama, mereka lolos, mbak,” katanya, saat ditemui MVoice, usai melihat hasil pengumuman.

Terpantau di lokasi, banyak walimurid dan siswa berkerumun di depan papan pengumuman. Ada yang cemberut, ada juga yang sumringah, puas.