Hindari Macet, Lewat Sumberbrantas, Bonus Wisata Alternatif

0
111
Jalan meliuk di Desa Sumberbrantas dengan pemandangan persawahan (fathul)

MALANGVOICE – Liburan diprediksi baru berakhir besok, 3 Januari 2016. Kemacetan pun masih menjadi momok menakutkan bagi warga Malang Raya yang hendak menuju Surabaya.

Jika jalan alternatif untuk menghindari kemacetan bisa memilih gang-gang kecil dalam kota, kali ini bisa memilih jalan alternatif melewati Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji.

Jalan searah dengan Jalan Brantas dan Jalan Bukit Berbunga ini juga mengarah ke Wisata Selecta dan Wisata Pemandian Air Panas Cangar, dari arah Kota Batu. Dari sini wisatawan bisa menuju Pacet dan Trawas, Kota Mojokerto, lalu tembus ke Sidoarjo dan Surabaya.

Titik kemacetan berada di arah Selecta, karena wisatawan masih banyak yang hendak liburan. Memasuki kawasan pegunungan di Sumberbrantas, kemacetan sudah terurai menjadi jalan menanjak dan tanpa macet.

Di kanan kiri jalan, banyak pengguna jalan yang berhenti untuk foto dan mengabadikan momen bersama orang-orang terkasih. Karena di sisi kiri jalan, pemandangan gunung dan persawahan begitu cantik sehingga bisa digunakan berwisata alternatif.

Sehingga, selain menghindari kemacetan, melalui jalan ini, wisatawan juga bisa sekaligus refreshing. Apalagi bagi pecinta fotografi, akan ciamik saat mengabadikan para petani yang sedang memanen kol, kubis, dan sayur lainnya.

Namun pengguna jalan tetap harus hati-hati karena jalanan menanjak. Usai melewati Desa Sumberbrantas, wisatawan akan sampai di Kawasan Taman Hutan Raya yang punya ciri khas jalan pegunungan. Berikutnya jalanan akan menanjak, menurun, menikung, sehingga kewaspadaan perlu ditingkatkan.