Hari Pahlawan, Sutiaji Ingatkan Besarnya Tantangan Zaman

0
3
Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, menyerahkan penghargaan kepada kecamatan pemenang Lomba Pengarsipan, usai upacara. (Muhammad Choirul)
Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, menyerahkan penghargaan kepada kecamatan pemenang Lomba Pengarsipan, usai upacara. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Semangat kepahlawanan adalah semangat berjuang menjaga persatuan yang mutlak, serta membentuk dan membangun negara. Hal itu diungkapkan dalam upacara peringatan Hari Pahlawan di Balai Kota, Kamis (10/11).

Sutiaji mengingatkan, semangat kepahlawanan harus terus digelorakan. “Setiap zaman memiliki tantangan, ini harus direspon dengan formula yang tepat sesuai perkembangan zaman,” paparnya.

Orang nomor dua di Kota Malang itu menambahkan, pada era globalisasi ini, Indonesia membutuhkan patriotisme yang lebih positif. Mengutip kalimat Bung Karno, Sutianji menegaskan, perjuangan Bangsa Indonesia saat ini lebih berat karena musuh yang dihadapi bangsa sendiri.

“Musuh kita saat ini adalah korupsi, degradasi moral, dan semacamnya. Mereka ada di sekeliling kita, harapannya agar semua pihak lebih hati-hari menjalani perjuangan panjang,” tandasnya.

Selain itu, lanjut Sutiaji, perjuangan saat ini harus menghadirkan kemandirian bangsa, dengan catatan tanpa antipati terhadap asing. Ini berarti, harus tercipta daulat politik, daulat ekonomi, dan berbudaya.