Hari Ini dan Besok, Puncak Arus Balik Tahap Dua

0
97
Petugas KA berjaga di Stasiun Kota Baru Malang. (deny)
Petugas KA berjaga di Stasiun Kota Baru Malang. (deny)

MALANGVOICE – Akhir libur sekolah Minggu besok, diperkirakan menjadi puncak arus balik tahap kedua, termasuk di Stasiun Kota Baru Malang, karena pada Senin lusa kegiatan belajar mengajar dimulai.

Manager Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto, mengatakan, tahap pertama arus balik terjadi pada 10 Juli lalu, kebanyakan dari mereka adalah pekerja.

“Puncaknya hari ini hingga besok. Karena siswa sekolah mulai kembali beraktivitas pada Senin,” katanya, saat dijumpai di Stasiun Kota Baru Malang, beberapa menit lalu.

Kereta api memang menjadi moda transportasi jarak jauh paling digemari, terutama pada mudik dan liburan akhir pekan.

Di wilayah Daop 8 tercatat, hari biasa ada 15 ribu – 20 ribu penumpang, sedangkan di akhir pekan sampai 25 ribu, dan saat mudik bisa mencapai 36 ribu.

Karena itu, mengingat banyaknya penumpang, Suprapto terus mengecek kesiapan di wilayah Daop 8, termasuk Malang. Karena, kata dia, Malang salah satu penyumbang penumpang paling banyak.

“Ada lima stasiun yang memiliki okupansi penumpang terbanyak, yakni Stasiun Gubeng, Pasar Turi, Stasiun Kota Baru Malang, Surabaya Kota, dan Sidoarjo,” tandasnya.