Hai Calon Ayah… Demi Anak, Ayo Jaga Pola Hidup!

0
44
Ayah dan anak (istimewa)
Ayah dan anak (istimewa)

MALANGVOICE – Tanggung jawab menjaga kesehatan demi memiliki calon bayi yang sehat, bukan hanya tugas ibu, tapi ayah juga dituntut seperti itu.

Seorang dokter kandungan, dr Maya Kurniawati SpOG, menjelaskan, perilaku sehat kedua calon orangtua sangat berdampak kepada tingkat keberhasilan kehamilan.

“Makanya, hindari risiko ibu mengalami keguguran, anak mengalami cacat lahir, serta terjadinya penyakit kanker pada anak, dengan menjaga pola hidup sehat, gak cuma ibunya, tapi calon ayah juga,” katanya kepada MVoice, beberapa menit lalu.

Menurutnya, bagi calon ayah, pola makan, kebiasaan merokok, kesukaan terhadap minuman beralkohol, serta faktor usia, dapat berkontribusi terhadap terjadinya cacat lahir pada anak, penyakit mental, autisme, obesitas, dan masalah-masalah lain.

“Sperma calon ayah bisa membawa potensi masalah kesehatan untuk anak ke dalam sel telur si calon ibu,” kata dia.

Ia menyarankan calon ayah agar menjaga pola makan dan menjaga berat badan. Pria obesitas cenderung memiliki anak yang obesitas dan menderita diabetes.

Menurutnya, hal itu bisa saja terjadi karena obesitas dan gizi buruk membuat perubahan pada gen tertentu yang berhubungan langsung dengan penyakit.