Hadapi Bencana dan Kedaruratan, RSI Aisyiyah Gelar Koordinasi

0
11
Suasana lokakarya Hospital Preparedness and Community Readiness for Emergency and Disaster (HPCRED) di aula Ahmad Dahlan. (shuvia)

MALANGVOICE – RSI Aisyiyah menggelar kegiatan lokakarya sistem layanan kesehatan dalam situasi darurat dan bencana se-Malang Raya. Hadir dalam kegiatan tersebut dinkes, lembaga kesehatan, BPBD dan lembaga terkait lain.

Direktur RSI Aisyiyah dr. Hartojo Sp.PK (K)mengatakan, acara yang digelar di Aula Ahmad Dahlan ini merupakan bentuk koordinasi RSI dengan lembaga terkait dalam rangka program kesiapsiagaan Rumah Sakit dan Kesiapsiagaan Masyarakat untuk Kedaruratan dan Bencana atau yang disebut Hospital Preparedness and Community Readiness for Emergency and Disaster (HPCRED)

Hartojo memaparkan, HPCRED terdiri dari lima program yaitu pengembangan kesiapsiagaan rumah sakit untuk menjadi bagian sistem kesehatan selama kondisi kedaruratan dan bencana.

“Program lainnya, menyiapkan komunitas masyarakat di sekitar rumah sakit pada kondisi kedaruratan dan bencana. Kemudian menyiapkan dan menguatkan tim deploy medis dalam kondisi kedaruratan dan bencana,” jelas dia.

Program lain tak kalah penting adalah pengembangan modul pelatihan rencana dan penguatan kerjasama sebelum, selama dan sesudah kejadian antara sistem rumah sakit dengan pemerintahan.