Gelar Customs Road Show, Bea Cukai Ingin Dekati Masyarakat

0
31
Contoh barang ilegal yang dipamerkan
Contoh barang ilegal yang dipamerkan (Deny)

MALANGVOICE – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai (KPPBC – TMC) Malang gelar Customs Road Show, di depan Masjid Baitut Taqwa, Jalan Jakarta.

Customs Road Show, sengaja diadakan di pinggir jalan, sebagai bentuk memperkenalkan dan juga mensosialisasi keberadaan instansi kepada masyarakat secara langsung.

Suasana Customs Road Show
Suasana Customs Road Show (Deny)

Bertajuk Bea Cukai Malang Dekat di Hati Masyarakat inipun mensosialisakan pengetahuan akan jenis Rokok Ilegal dan juga minuman beralkohol ilegal maupun barang – barang lainnya yang dianggap melanggar Undang – Undang No 39 tahun 2007 tentang Cukai.

KPPBC juga menampilkan beberapa contoh barang ilegal, di antaranya airsoft gun, rokok tanpa cukai, senjata api tanpa dokumen resmi, minuman beralkohol, dan obat kecantikan ataupun kesehatan.

Kepala KPPBC TMC Malang, Rudy Herry Kurniawan, menyatakan, sosialisasi ini sengaja dilakukan agar lebih dekat dengan masyarakat. Masyarakat umum bisa langsung mendapatkan edukasi.

“Kami berusaha dekat dengan masyarakat. Paling banyak masyarakat tanya kenapa barang kiriman dari pos selalu tertahan di bea cukai,” katanya pada MVoice, beberapa menit lalu.

Kegiatan ini, lanjut Hery, akan dilaksanakan hingga sore nanti. “Masyarakat diharap bisa tahu, apa saja barang yang ilegal dan legal, jadi tidak menyalahi aturan,” tukasnya.