FKUB dan MUI Garda Terdepan Tangkal Terorisme

0
33
Suasana diskusi antara Polres, FKUB, dan MUI Kota Batu
Suasana diskusi antara Polres, FKUB, dan MUI Kota Batu (fathul)

MALANGVOICE – Persoalan terorisme dan radikalisme yang diresahkan Kapolres Batu, AKBP Leonardus Simarmata, ditanggapi serius FKUB dan MUI. Kedua organisasi sosial kemasyarakatan itu akan membantu kepolisian dari sisi penggemblengan keagamaan.

Hal itu terungkap dari pertemuan ketiga instansi, sore ini. Ketua FKUB Batu, Abdul Rachim Ismail, menegaskan, pihaknya sudah mendeklarasikan pernyataan dengan 6 agama pada 22 Januari 2016 lalu untuk memerangi radikalisme dan terorisme.

“Semangat FKUB adalah menjalin kerukunan di tengah perbedaan. Karena itu, kami menolak semua bentuk faham radikalisme yang mengatasnamakan agama. Kami akan berkoordinasi dengan kepolisian terkait hal ini,” ungkap Abdul Rachim dalam sambutannya.

Menurutnya, radikalisme inilah yang mengancam serta menimbulkan perpecahan di masyarakat. Karena itu, ia mewakili seluruh agama akan konsisten mempertahankan Kota Batu menyenangkan bagi orang yang beragama, apapun agamanya.

Ketua MUI Kota Batu, KH Moh Nur Yasin, mengungkapkan, sudah menjadi tugas MUI untuk menjaga umat Islam dari ajaran radikalisme. “Sosialisasi dan pengajaran Islam yang rahmatan lil alamin itu penting, supaya tidak ada radikalisme yang membuat umat tidak nyaman,” tandasnya.