Dinas PU Pemprov Kalimantan Utara ‘Berguru’ ke Kampung 3G

0
104
Kunjungan Dinas PU Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

MALANGVOICE – Ketenaran Kampung Glintung Go Green (3G) di Kelurahan Purwantoro, bukan isapan jempol semata. Hari ini sebanyak 13 orang rombongan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara yang dipimpin, Jeppermindo melakukan kunjungan ke kampung tersebut.

dinas-pu2

Kunjungan dilakukan dalam rangka studi banding tentang pembangunan di bidang lingkungan, khususnya Gerakan Menabung Air (GEMAR) sebagai salah satu upaya meminimalisir banjir. Rombongan itu penasaran dengan program GEMAR yang saat ini sukses mengatasi masalah banjir di Kampung 3G itu.

Dari sekian outlet 3G yang diamati Jeppermindo, hal yang paling menarik dan membuat kagum adalah tingkat kepatuhan warga pada pimpinan dalam hal ini RW serta kemampuan pimpinan dalam menggerakkan warganya.

dinas-pu3

Hal itu perlu dilakukan karena masyarakat di daerahnya cukup sulit karena terdiri dari beberapa suku yang saling berebut pengaruh.

Satu hal lagi yang menarik menurut rombongan itu adalah gagasan dari Ketua RW, Bambang Irianto yang akan mengajukan Peraturan Daerah (Perda) tentang Biopori atau sumur injeksi.

Menurut Bambang Irianto, gerakan menabung air penting untuk disosialisasikan agar berperilaku secara bijak dalam menggunakan air.

“Hal itu ntuk menghindarkan kita dari berbagai krisis air hingga bencana di masa mendatang,” ucap Bambang Irianto.