Di Batu, Pemegang KIA Dapat Diskon Belanja dan Wisata

0
72
Kamim Utomo (fathul)

MALANGVOICE – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu akan memberikan diskon khusus masuk lokasi wisata atau tempat belanja bagi pemegang Kartu Identitas Anak (KIA).

Hal ini dilakukan untuk menarik minat warga Kota Batu, khususnya orangtua anak usia 0-17 tahun, agar membuat KIA atau biasa disebut “KTP Anak”.

“Kami akan mengajukan kepada wali kota dulu terkait beberapa kemudahan pemilik KIA. Misalnya, diskon belanja di Batos, atau diskon masuk wisata Batu,” ungkap Kabag Pendaftaran Kependudukan, Kamim Utomo.

Dikatakan, tahun 2016 akan dicetak 20 ribu KIA. Kota Batu menjadi pelopor pencetakan KIA bersama 50 daerah lainnya di Indonesia, seperti Blitar, Kediri, dan Pasuruan.

Di Batu jumlah anak ada 58 ribu. Dari jumlah itu para penerima KIA akan diproses secara berkala. ”Tahap pertama 20 ribu anak tahun 2016, dan akan berlanjut di tahun berikutnya,” jelas Kamim.

Warga yang hendak mengurus KIA cukup mudah dan persyaratannya hanya Kartu Keluarga (KK) saja. Sementara KIA akan berisi identitas anak seperti nama, nama orangtua, jenis kelamin, dan alamat.

“Foto untuk usia 0 sampai 4 tahun tidak ada. Jadi kolom fotonya hanya tersedia bila pemilik KIA usia 4 tahun lebih. Database sudah lengkap, tinggal cetak saja,” tandasnya.-