Dadang Antoni, Sukses Berkat Rental Kamera

0
26
Dadang (istimewa)

MALANGVOICE – Hobi videografi dan fotografi semakin diminati di Malang, hingga menjadi inspirasi usaha menggiurkan bagi Dadang Antoni, pendiri dan pemilik bisnis rental ‘Kamera Malang’.

Suasana Kamera Malang
Suasana Kamera Malang
Berawal dari hobi dan pengalaman kerja freelance di bidang fotografi, pria kelahiran 1990 ini pun nekat memulai usaha rental, setelah lulus dari Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), 2013 lalu.

“Awalnya yang saya sewakan cuma 6 sampai 10 unit kamera saja. Itu aku tawarkan lewat sosmed (sosial media), seperti twitter,” kata Dadang, saat ditemui MVoice di lokasi rentalnya, Jalan Margojoyo Gang 1 no 1, Kecamatan Dau, Kota Batu.

Sejak 2014, usaha rentalnya berkembang pesat. Kini ia memiliki lebih dari 100 unit, mulai kamera foto, video, drone, lensa, lighting, dan sebagainya. Semua disewakan dari kisaran Rp 50.000 – Rp 350.000 rupiah per hari, tergantung kecanggihan dan spesifikasi.

Selain itu, penyewa kebanyakan datang dari para peminat dan penggila foto/videografi, mulai siswa, mahasiswa, hingga professional.

“Kadang ada juga orang dari Jakarta atau luar kota yang memang kebetulan lagi ada syuting atau motret di Malang. Dari pada jauh-jauh bawa alat dari sana. Sebulan bisa mencapai 400-an penyewa,” imbuh Dadang bangga.

Suasana Kamera MalangKe depan, Dadang berencana membuka cabang di pertengahan Kota Malang, bahkan luar kota. “Ini nanti alat-alatnya akan kita tambah. Rencananya kita lengkapi peralatan untuk live event. Itu khan butuh kamera besar-besar,” sahut Dadang

Menurut Dadang, untuk menjadi pengusaha sukses, seseorang harus berani melawan dan melewati risiko, bukan mengindari resiko. “Mumpung masih muda, saya habiskan jatah gagalnya,” katanya sambil tersenyum.