Cek Lokasi, Tim UPT Bina Marga Jatim: Jembatan Soehat Masih Layak!

0
107
Tim UPT
Tim UPT

MALANGVOICE – Tim UPT Bina Marga Provinsi Jawa Timur langsung bergerak cepat memantau kondisi jembatan Soekarno-Hatta (Soehat) yang dikabarkan melengkung. Mereka turun langsung memantau kondisi jembatan dengan menggunakan pesawat drone, guna memotret kondisi terkini.

Kasi Jembatan, Cholidah, saat ditemui di lokasi, menuturkan, jembatan masih dalam kondisi baik dan layak pakai. “Saat beredar foto seperti itu di media sosial, kami langsung cek kemarin malam,” katanya.

Tim UPT
Tim UPT

Ia juga menjelaskan, jembatan Soehat memiliki rangka baja dan dirancang elastis, sehingga terasa ada getaran. “Jembatan itu dibangun untuk usia 30 tahun, saat ini mungkin masih tersisa antara 2 sampai 5 tahun lagi,” bebernya.

Disampaikan pula, Kepala UPT Bina Marga di Malang sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Timur. “Saat ini rencananya akan koordinasi dengan Kementerian agar bisa meninjau langsung,” ungkapnya.

Diakuinya, intensitas kendaraan yang lalu lalang di jembatan sedikit banyak mengurangi kekuatan jembatan, karenanya perlu dilakukan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di dalam jembatan.

“Secara umum jembatan masih layak namun kita akan koordinasi dengan kementerian untuk melakukan pengecekan apakah nanti dibangun lagi atau tidak,” tandasnya.