Candi Songgoriti, Tempat Asyik Buat Ngabuburit

0
463
Candi Songgoriti yang bisa menjadi jujugan asyik bersantai (fathul)

MALANGVOICE – Banyak tempat untuk ngabuburit alias menunggu buka puasa di Bulan Ramadan kali ini. Selain mall- mall yang selalu penuh orang, kita juga bisa ngabuburit di tempat yang adem dan penuh sejarah Kota Batu.

Yaitu Candi Songgoriti, yang dipercaya menjadi tempat untuk menjamas (mencuci) keris pusaka. Bahkan menurut legenda, air panas Songgoriti berasal dari efek pencucian keris yang penuh keampuhan.

Beberapa siswa SMKN 3 Batu yang ditemui MVoice di lokasi juga sedang jalan-jalan sembari mengerjakan tugas sekolah. Mereka memang tidak terlalu sering ke Candi kebanggaan warga Batu itu, namun untuk ngabuburit, mereka merasa cocok.

“Enak di sini, dingin kalau sore. Jadi puasanya agak berkurang dehidrasinya,” ungkap Melati Tiara Kintari, siswa kelas XII itu kepada MVoice saat ditemui di Candi Songgoriti, beberapa menit lalu.

Bersama ketiga temannya, Muhammad Fais, Amirul Ananta, dan Dwi Amalia, Tiara banyak mengagumi keindahan Candi Songgoriti. Menurutnya, peninggalan zaman dulu sangat bernilai karena meninggalkan jejak sejarah yang patut dilestarikan.

“Ke sini juga untuk ngerjakan tugas sih sebenarnya, mau buat film dokumenter tentang candi. Karena Ramadan ya sekalian ngabuburit,” tambahnya.