Borong 21 Emas, Jatim Juara Umum Popwil IV

0
105
Salah satu peraih medali emas dari Jatim menerima pengalungan medali. (Muhammad Choirul)
Salah satu peraih medali emas dari Jatim menerima pengalungan medali. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Bertindak sebagai tuan rumah, Jawa Timur (Jatim) benar-benar perkasa dalam helatan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) IV Jatim. Hingga hari terakhir, Jumat (21/11) hari ini, total 21 emas dikumpulkan arek-arek Jatim.

Torehan itu begitu kontras dengan runner up, yakni Sulawesi Selatan (Sulsel) yang hanya mengumpulkan 6 emas. Sementara itu, posisi ke-3 ditempati Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan hasil 4 emas.

Lumbung emas Jatim masing-masing datang dari cabor silat (10 emas), voli (2 emas), tenis meja (2 emas), tenis lapangan (2 emas), dan basket (2 emas). Selain itu, masing-masing satu emas disumbang cabor bulu tangkis, sepak takraw, dan sepak bola.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jatim, Supratomo, bersyukur atas sukses ini. “Alhamdulilah berkat kerja keras semua atlet. Kami berterima kasih kepada mereka semua, termasuk orang tua, pelatih, dan seluruh pihak yang terlibat,” ungkapnya.

Kemenangan ini sekaligus menghantarkan Jatim berlaga di Popnas 2017 di Jateng. Dia menilai, pada helayan Popnas mendatang, Jatim bakal berhadapan dengan lawan-lawan andal.

“DKI Jakarta dan Jabar masih jadi pesaing berat. Popnas tahun 2013 Jatim berada di posisi ke-2 setelah DKI Jakarta. Saat itu, Jabar jadi juara ke-3. Saya harap di Popnas tahun depan, kami bisa meraih juara umum seperti di tahun 2011,” serunya.

Berikut Hasil Akhir Perolehan Medali Popwil IV Jatim 2016:

Jatim 21 emas, 5 perak, 7 perunggu
Sulsel 6 emas, 8 perak, 11 perunggu
NTB 4 emas, 6 perak, 12 perunggu
Kaltim 2 emas, 12 perak, 8 perunggu
Sulbar 1 perak 2 perunggu
Sulteng 3 perunggu
NTT 2 emas