Berwisata ke Pantai Selatan yang Relatif Aman, Coba Ungapan Saja

0
589
Pantai Ungapan (tika)
Pantai Ungapan (tika)

MALANGVOICE- Pantai selatan dikenal memiliki ombak cukup ganas dan tinggi. Namun ada salah satu pantai di kawasan Desa Gedangan, Kecamatan Gajahrejo, Kabupaten Malang, yang walaupun memiliki ombak relatif tinggi, tapi bisa dikatakan aman.

Pasalnya, antara bibir pantai dengan pemukiman penduduk ada semacam tanah dengan kontur menurun, sehingga tidak berbatasan langsung dengan pantai.

Kondisi seperti itu rupanya membawa keuntungan tersendiri. Contohnya saat banjir rob yang menerjang kawasan pantai selatan beberapa waktu lalu, air laut yang menerjang pemukiman penduduk tidak terlampau banyak.

“Karena kondisinya yang sedikit menurun, jadi walau terkena rob tidak separah pantai selatan lainnya,” jelas Kabid Penanggulan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Ir Bagio Setiono, kepada MVoice.

Ungapan memiliki pemandangan cukup bagus dengan pantai relatif bersih. Tidak hanya digunakan sebagai lokasi wisata. Namun juga kerap digunakan sebagai lokasi untuk latihan SAR, berkemah, hingga kegiatan Pemkab Malang.

Keuntungan lain jika berwisata ke pantai ini adalah bisa mencoba destinasi lainnya. Misalnya Ngudel, Nganteb, Goa Cina, Bajul Mati, Batu Bolong dan beberapa pantai lainnya. Destinasi wisata ini berada di sepanjang Jalur Lintas Selatan (JLS).