Berpuasa Saat Hamil, Begini Caranya…

0
28
Ibu hamil dan menyusui sedang berkumpul (istimewa)
Ibu hamil dan menyusui sedang berkumpul (istimewa)

MALANGVOICE – Sebagian ibu hamil mungkin memutuskan tidak berpuasa karena faktor kesehatan janin dan riwayat kesehatannya. Tapi untuk Anda yang akan berpuasa, disarankan menjaga kandungan Anda.

Berikut saran yang dituturkan Bd Umi Rahmawati SKeb :

  1. Perhatikan kecukupan gizi yang dikonsumsi. Meski berpuasa, asupan gizi harus Anda dapatkan pada ibu hamil, 50% karbohidrat, 25% protein, 10-15% lemak sehat, jangan lupakan asupan vitamin dan mineral.
  2. Perhatikan kenaikan berat badan sebelum dan ketika sedang menjalani puasa. Penurunan berat badan kemungkinan besar beresiko pada janin Anda. Pertahankan berat badan dan lakukan konsultasi.
  3. Periksakan kehamilan untuk mengetahui janin Anda dapat beradaptasi dengan asupan nutrisi di bulan puasa. Selama berpuasa bukan berarti janin Anda ikut berpuasa, asupan sepanjang hari sangat penting diperhatikan di waktu sahur dan berbuka.
  4. Pilihan menu yang tepat ketika berbuka atau sahur, sehingga bermanfaat untuk perkembangan janin seperti kurma, bayam, salmon, brokoli, asparagus, ayam.
  5. Atur Istirahat dengan baik, sehingga tidak mengakibatkan stress dan mengganggu kesehatan.
  6. Jangan lanjutkan puasa jika kondisi Anda menunjukan keadaan yang kurang baik, seperti terjadi mual, pusing, lemas berlebihan dll.