Begini Cara Atasi ASI Susah Keluar

0
376
ilustrasi ibu menyusui bayi (anja)
ilustrasi ibu menyusui bayi (anja)

MALANGVOICE – Ada sebagian ibu yang tidak dapat memberikan ASI ( Air Susu Ibu ) secara eksklusif kepada bayinya atau bahkan ada yang tidak dapat memberikan ASI sama sekali kepada sang bayi.

Para ibu biasanya beralasan ASI yang keluar dari payudara tidak lancar. Akibatnya banyak ibu ibu yang berputus asa dan lebih memilih memberikan produk susu kemasan kepada bayinya. Padahal tidak ada produk produk susu kemasan yang dapat menandingi kelebihan atau manfaat dari ASI.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Dr. dr. Asih Tri Rachmi Nuswantari, untuk mengatasi hal itu, ibu harus mengonsumsi gizi seimbang. Apabila asupan makanan tidak bergizi, sama seperti organ yang lain, payudara juga tidak bisa menjalankan fungsinya.

“Protein merupakan asupan gizi penting untuk produksi ASI. Tak perlu perlakuan khusus, makan makanan lokal saja sudah cukup. Kalau bahkan kalau orang desa jaman dulu, mereka bisa makan belut dan laron lho untuk pemenuhan protein,” katanya kepada MVoice.

Dia menambahkan, agar ASI lancar keluar dalam jumlah banyak, teruskan menyusui si bayi dan jangan berhenti atau menyerah.