Baperjakat Batu Pertimbangkan 3 Calon Kepala SKPD

0
41
Achmad Suparto
Achmad Suparto (fathul)

MALANGVOICE – Tes presentasi makalah 9 calon kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemkot Batu menjadi tes terakhir, dan kini Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat) tengah melakukan penilaian.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Achmad Suparto, mengatakan, seluruh proses seleksi telah dilalui 9 calon untuk menempati posisi sebagai Kepala Disbudpar, Kepala Dinkes, dan Kepala Sekwan.

“Kemarin tes terakhir. Mereka sudah membuat makalah dan mempresentasikannya di hadapan tim juri yang terdiri dari anggota Baperjakat yang diketuai Sekda, kemudian ada juri dari profesional dan akademisi,” ungkap Suparto kepada MVoice.

Menurutnya, tim juri langsung melakukan penilaian dari presentasi yang telah dilaksanakan. Poin pentingnya adalah saat proses tanya jawab, itu sangat mempengaruhi nilai dari juri.

“Penilaiannya ada pada orisinalitas ide dan gagasan yang disampaikan dalam makalah. Kemudian rasionalisasi, dan tak kalah pentingnya adalah realisasi dari gagasan itu, bisa atau enggak,” tambahnya.

Selain asesmen yang dilakukan di Surabaya dan di Batu, penilaian akan merambah ke skala yang lebih khusus, misalnya pendapat rekan kerja selama berada di beberapa dinas di Pemkot Batu. Karena pihak Baperjakat memiliki biodata masing-masing calon, sehingga bisa dilacak.

“Kami dari Baperjakat kan punya track record kepegawaian juga, gimana kerjanya, prestasinya, dan lain-lain, semua sudah terekam. Itu nanti akan menjadi rekomendasi ke wali kota,” tandas Suparto.