Antisipasi Kecurangan Jalur Mandiri, UB Siapkan Metal Detector

0
25
Ujian (anja)
Ujian (anja)

MALANGVOICE – Tes jalur mandiri masuk perguruan tinggi di Universitas Brawijaya akan dilaksanakan pada 19 Juli. Sebanyak 14 ribu calon mahasiswa baru (maba) akan mengerjakan soal tes berbasi kertas atau paper based test di 40 lokasi ujian di UB.

Panitia pun melakukan antisipasi kecurangan terutama pada program studi dengan peminat tertinggi seperti Kedokteran, Fakultas Kedokteran.

“Di Fakultas ini kami siapkan pengawasan ekstra. Untuk menghindari joki. Sama seperti tahun lalu,” ungkap Kasubag Kearsipan dan Humas UB, Pranatalia Pratami kepada MVoice.

Ia mengatakan, sebenarnya ada 5 program studi lain dengan peminat paling banyak selain kedokteran yaitu manajemen, ilmu komunikasi, ekonomi, dan teknik sipil. Namun, karena jumlah metal detector terbatas, UB hanya mengantisipasi kecurangan di prodi Kedokteran saja. Lagipula, lanjutnya, prodi kedokteran memang selalu rawan dengan praktek perjokian.

Untuk diketahui, peminat jalur mandiri di UB mengalami peningkatan daripada tahun lalu yang hanya 11 ribu camaba menjadi 14 ribu camaba. Demikian, UB hanya mengambil 30 persen saja dari jumlah kuota keseluruhan