Andhika Gilang, Sulap Tanaman Kaktus Jadi Bisnis Menarik

0
609
Andhika, Himahtuh, Riza
Andhika, Himahtuh, Riza (Anja)

MALANGVOICE – Kaktus hias mungkin hal lazim di dunia bisnis bunga. Tapi kaktus mini berbentuk lucu masih jarang ditemukan di pasaran. Ya, tanaman berduri itu di tangan Andhika Gilang, Himahtuh Rianingtias, dan Riza Fatkhaurrossidi disulap menjadi tanaman hias yang lucu berwarna warni.

Ide membisniskan kaktus mini ini berawal ketika Andhika berkunjung ke Selecta untuk membeli bunga. Di sana, ia melihat beberapa tanaman kaktus.
“Teman saya lalu cerita, kalau dia pernah beli kaktus lewat online. Dari situ saya kepikiran ide bisnis ini,” katanya pria yang tinggal di Jl Klampok Kasri 2D 219 Malang ini.

Tak ingin menjual produk biasa, Andhika dan dua temannya pun mulai belajar mendesain kaktus agar bisa tampil unik. Desain yang lucu ternyata mampu menarik minat konsumen, tak hanya pencinta tanaman tetapi juga orang awam. Melalui toko online Drosopila Floris, tiga serangkai ini memasarkan kaktus-kaktus unik ke berbagai daerah.

Menurut Andhika, prospek berjualan kaktus di Malang cukup menjanjikan karena belum banyak orang berjualan kaktus sekaligus sebagai gerakan mendukung go green.

“Supaya orang-orang makin cinta sama tanaman. Apalagi kaktus kan jenis tanaman yang mudah sekali perawatannya,” kata dia.
Dengan tampilan kaktus yang unik berbeda dari kaktus biasa, Andhika dan kawan-kawan mampu meraih omzet kotor hingga 40 persen dari hasil penjualan.
“Untuk selanjutnya semoga bisa 50 persen, karena sudah menanam langsung, tidak lagi second hand,” tambahnya.

Melihat prospek bisnis yang menggiurkan, Andhika pun berencana mengembangkan bisnis dengan membangun gudang kaktus sendiri.
“Rencananya memperbanyak varian kaktus dan desain kaktus yang lucu-lucu juga,” kata Andhika semangat.