Air Lemon dan Mint, Sehat untuk Buka Puasa

0
50
minuman segar tidak harus es degan (anja)

MALANGVOICE – Selain air putih ada minuman sehat yang bisa dijadikan menu pelengkap buka puasa. Jangan pilih yang asal manis saja. Belum tentu minuman manis sehat, malah bisa-bisa menaikkan gula darah.

Amalia Achmad RS MD, seorang dietitian, mengatakan, air lemon dan mint juga bagus diminum saat buka puasa karena mencegah dehidrasi dan mengembalikan energi.

“Beberapa lembar daun mint dan irisan lemon masukkan dalam gelas air dan rebus 15 menit. Dinginkan, lalu tambahkan madu secukupnya,” paparnya saat dihubungi MVoice.

Untuk pemenuhan kebutuhan vitamin C dan elektrolit, minum juga air rebusan jeruk peras. Air rebusan yang sudah dingin juga bisa ditambahkan daun mint dan irisan mentimun agar lebih segar.

Ia menambahkan, jus buah yang paling cocok adalah jus semangka. Caranya adalah mencampur jus semangka dengan irisan lemon dan sedikit garam.

“Yang paling saya sarankan adalah yogurt. Kandungan probiotik atau bakteri baik dalam yogurt akan menyehatkan pencernaan. Campur dengan air, biji jintan, irisan jahe dan sedikit garam,” tutupnya.