Agar Mobil Tak Terbakar, Perhatikan 9 Hal Ini

0
92
Mobil hangus (istimewa)

MALANGVOICE – Menurut Wahyu Arief, pemilik salah satu bengkel otomotif, terbakarnya sebuah mobil bisa dikarenakan 3 faktor, pertama, adanya pemantik. Kedua, bersentuhan dengan bahan bakar, dan ada konsleting pada kabel.

Pada dasarnya kebakaran mobil bisa menimpa semua jenis mobil apapun. Penyebabnya bisa dari berbagai macam konsleting dari sistem kelistrikan mobil hingga kebocoran pada selang BBM.

Kasus yang terjadi di parkiran Matos, malam ini, membuat mobil Nissan X-Trail nyaris hangus terbakar.

Berikut 9 penyebab kebakaran pada kendaraan mobil yang dirangkum oleh MVoice.

1. Kabel Terkelupas
Kondisi mobil yang tidak stabil membuat kabel yang sudah rapuh akan saling bergesekan sehingga hal ini tentunya akan menimbulkan sobekan pada kabel , bila kabel terkelupas dan saling bergesekan maka akan terjadi percikan api.

2. Kabel Paralel Pada Aki
Kabel paralel pada aki terkadang tidak kencang pengikatannya (baut) sehingga konsleting kerap terjadi. Agar aman tentunya soket atau baut pada aki mobil harus sering diperiksa.

3. Besar Kabel Tak Sesuai
Kabel memang sangar riskan jika tidak menggunakan tipe yang tepat dan bagus kualitasnya. Karena sentrum yang dilalui kabel akan mempunyai daya yang berbeda beda .Akibat salah mengaplikasinya tentunya kabel bisa memuai dan terbakar.

4. Selang Benain Bocor
Bagi mobil yang sudah berumur, cek selang pada bensin karena material serat kainnya jadi gampang rapuh dan robek. Jadi, ganti dengan yang baru.

5. Karburator
Untuk mobil yang masih menggunakan sistem karburator jangan menggunakan air filter terbuka . Hawa bensin terkadang bisa tembus melewati celah celah kecil dari book air filter. Kabel lecet bisa bergesekan lalu terkena hawa bensin.

6. Oli Bocor
Cipratan oli dari blok mesin mobil atau ada bagian lain yang dekat dengan header atau knalpot bisa menyebabkan mobil terbakar.

7. Mesin Mobil Dimodifikasi
Mobil yang bagian mesinnya sudah di modifikasi disarankan untuk menggunakan selang bensin yang berkualitas .

8. O-Ring Injektor
Karet atau selang o-ring injektor harus fleksible. Jika sudah keras, bisa langsung ganti untuk menghindari dan mencegah kebocoran.

9. Setrum Kabel Busi Bocor
Sangat riskan karena bisa menimbulkan percikan api. Bila terkena tetesan bensin maka boom mobil bisa meledak.