6 Kriteria Supaya PKM Lolos ke Pimnas, Apa Saja?

0
13
Salah satu tim PKM saat bekerja sama (anja)

MALANGVOICE – Ada 6 kriteria yang harus dipenuhi sebuah karya tulis PKM (Pekan Karya Mahasiswa) agar bisa lolos ke Pimnas (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional).

Sarjito Ssi Msi, Wakil Dekan 3 Fakuktas Matematika dan IPA Universitas Brawijaya (FMIPA UB) mengatakan, kriteria pertama adalah PKM tersebut harus memiliki ketercapaian luaran.

“Ketercapaian luaran artinya penelitian itu punya jurnal dan artikel yang bisa diakses oleh orang banyak,” katanya saat ditemui MVoice di ruang dekanat Fakultas Kedokteran UB siang ini.

Kriteria selanjutnya adalah kerja sama tim dan kesesuaian metodologi. Kerjasama tim sangat penting untuk proses penelitian karena tiap anggota tim akan mempunya tugas krusial yang harus dikerjakan agar penelitian sukses. Tim yang kompak juga bisa memastikan metodologi penelitian dijalankan sesusai rencana awal proposal penelitian.

Selanjutnya adalah kelompok PKM harus mempunyai bukti pelaksanaan penelitian. Jika penelitian teknologi maka bukti itu bisa berupa prototype atau contoh teknologi pada mitra.

“Sedang yang terakhir adalah kriteria berkelanjutan. Artinya, jika penelitian itu berkaitan dengan pengabdian masyarakat maka temuan, teknologi, atau inovasi itu harus terus diimplementasikan,” tutupnya.