53 Kelompok Bank Sampah di Batu Buat Kerajinan

0
180
Ibu-ibu petugas Bank Sampah saat pelatihan (istimewa)
Ibu-ibu petugas Bank Sampah saat pelatihan (istimewa)

MALANGVOICE – Kantor Lingkungan Hidup Kota Batu mengumpulkan 53 kelompok Bank Sampah di tingkat desa. Mereka diajari mendaur ulang limbah sampah sehingga bisa memiliki nilai guna.

Kepala KLH, Hari Santoso, mengatakan, kegiatan itu dalam rangka Hari Lingkungan Hidup. Sekaligus mendayagunakan limbah sampah di kota Batu sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Kita ingin mengembangkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah, sekaligus membantu pemerintah dalam rangka membersihkan sampah di Batu yang semakin hari semakin banyak,” ungkap Hari kepada MVoice, beberapa menit lalu.

Selain itu, Hari ingin agar warga dapat memanfaatkan limbah sehingga secara ekonomi bisa menambah keuangan keluarga. Karena yang diundang keseluruhan adalah ibu tumah tangga sehingga faktor ekonomi sangat penting.

“Hari ini mereka kita latih membuat tas dan dompet dari sampah yang ada, pelatihnya ada dari Kadin, jadi disamping melatih juga memasarkannya. Selama ini kan warga diajari membuat ini itu tapi tak disediakan pasar, nah kita kerja samanya sampai pemasaran,” tandasnya.

Hari merencanakan pelaksanaan kegiatan itu sampai November 2016 dengan berbagai pelatihan. Sehingga sampah di Kota Batu tidak hanya menjadi tumpukan, tapi juga dapat dimanfaatkan warga.