26 PNS Batu Non Sarjana Ikuti Ujian Dinas

0
48
Suasana Ujian Dinas yang diikuti 26 PNS Batu di BKD Surabaya (istimewa)

MALANGVOICE – Pemkot Batu tidak menafikan adanya Pegawai Negeri Sipil (PNS) tak berijazah sarjana. Karenanya, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) akhirnya menyelenggarakan Ujian Dinas Tingkat I kepada mereka, di Surabaya.

Kepala BKD, Achmad Suparto, menjelaskan, ujian itu bekerja sama dengan BKD Provinsi Jawa Timur. Tujuan pelaksanaannya agar PNS non S1 ini bisa naik golongan. Karena tanpa ijazah S1 dan tidak mengikuti ujian dinas, mereka akan mentok di golongan 2D.

“Persyaratannya dia harus memiliki masa kerja golongan 2D selama 2 tahun. Dengan iku UD (Ujian Dinas, red) maka dia nanti dapat naik sampai golongan 3,” ungkap Suparto kepada MVoice.

Ujian kali ini, sebanyak 26 PNS turut ambil bagian. Sebenarnya BKD sendiri tidak menargetkan akan berapa PNS, karena pihaknya selalu membuka program ini tiap 2 tahun sekali. “Kalau nggak ikut sekarang, ya mungkin maunya tahun berikutnya,” sambung Suparto.

Selain program ini, BKD juga punya agenda Penyesuaian Ijazah (PI) untuk PNS yang punya ijazah S1. Syaratnya PNS harus sudah berada di golongan 2B selama 2 tahun karena PI ini bisa menjadi acuan PNS mendapat sampai golongan 3S.

“Dulu PNS masuk pakai ijazah SMA, kemudian dia sekarang sudah kuliah. Sehingga butuh penyesuaian ijazah. Lumayan dia tidak usah melewati golongan 2C dan 2D, padahal untuk kenaikan reguler butuh 4 tahun,” tandas Parto, sapaan akrabnya.