1.400 Pohon Ditanam, Sumber Sira Bakal Jadi Destinasi Wisata Terkenal

0
30
Suasana penanaman pohon di Sumber Sira, Kecamatan Gondanglegi (fathul)

MALANGVOICE – Sebanyak 1.400 pohon di tanam di kawasan Wisata Alam Sumber Sira, Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, dalam rangka Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon di seluruh Indonesia.

Ada tiga jenis pohon yang ditanam, yaitu pohon Trembesi, Mahoni, dan Sirsak. Ketiga pohon ini memiliki usia panjang, daun rimbun, serta punya akar dalam sehingga dapat menyimpan air lebih banyak.

“Gerakan ini diinisiasi pemerintah untuk melestarikan lingkungan. Dipilihnya Sumber Sira karena sumbernya besar dan banyak mengaliri desa-desa sehingga dapat dimanfaatkan lebih banyak orang,” kata Camat Gondanglegi, Kamti Astuti.

Ia memaparkan, suhu di Kabupaten Malang secara khusus cenderung naik. Sehingga diperlukan gerakan moral untuk mendukung penanaman pohon.

“Pohonnya dapat bantuan dari Dinas Kehutanan, jadi serba keterbatasan dana yang kita lakukan. Kami mengajak berbagai komponen supaya mereka juga ada kesadaran merawat alam,” tandasnya.

Selain untuk menjaga keberlangsungan sumber air, penanaman ribuan pohon juga untuk menjaga wisata alam. Karena pohon yang banyak akan membawa dampak positif bagi masyarakat.

“Kalau banyak pepohonan, suasana terasa sejuk. Sehingga penguatan wisata alam Sumber Sira akan menjadi magnet wisatawan di Kabupaten Malang,” tutupnya.