Xenia Masih Jadi Primadona di Kota Malang

Xenia, Mobil Paling Diminati Konsumen. (Lisdya Shelly/MVoice)
Xenia, Mobil Paling Diminati Konsumen. (Lisdya Shelly/MVoice)

MALANGVOICE – Selama 2017, Daihatsu Malang cabang A. Yani mencatat penjualan mobil terlaris didominasi jenis Sigra, Ayla, dan Xenia. Namun, mobil yang bersaing di pasar low cost green car (LCGC) ini jelas memiliki perbedaan walaupun sama-sama besutan Daihatsu.

Menurut Branch Manager Daihatsu Malang, Stevan Kristianto, setengah penjualan terbanyak ada pada Xenia, dan yang paling minim di jenis Himax.

“Sebenarnya Himax tetap ada penjualan cuma porsinya yang kecil, karena konsumen kami tetap pilih Grandmax kalau untuk yang mobil box. Paling unggul adalah Xenia,” ujar Steven.

Penjualan Xenia mencapai 40 persen dari jumlah seluruh merek mobil Daihatsu, jumlah itu seeuai pencapaian target pertahun, yakni 2500 unit.

Meskipun harga Xenia cukup jauh di bawah kompetitor sejenisnya, namun Xenia terbilang ramah bagi konsumen yang baru memiliki mobil. Xenia sendiri memiliki beberapa keunggulan, yakni lebih irit bahan bakar, dan kapasitas penumpang lebih banyak (7 penumpang).

Konsumen sendiri memilih Daihatsu, lanjut Steven, utamanya bukan karena fitur yang dimiliki, namun karena harganya lebih ekonomis.

“Xenia sendiri kalau dibandingkan dengan Sigra itu hampir mirip cuma perbandingan lebih tinggi mobilnya. Xenia saat ini meningkat penjualannya, dibandingkan tahun lalu,” pungkasnya.(Der/Aka)