Unitri Siapkan Mahasiswa Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

seminar kewirausahaan di Unitri. (Anja a)

MALANGVOICE – Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang menggelar seminar nasional ‘Dampak Revolusi Industri 4.0 Terhadap Perkembangan UKM’ di GOR Unitri, Jumat.

Ketua Pelaksana Seminar, Elly Lestari SE MSm, mengatakan, salah satu fase penting dalam perkembangan teknologi informasi adalah munculnya fase revolusi industri 4.0 dimana orang bisa berjualan tanpa harus punya toko. Era baru ini menciptakan berbagai pekerjaan baru yang menggantikan pekerjaan normal.

“Di negara berkembang, masyarakat diberi kesempatan untuk tidak harus bersaing dalam pencarian kerja,” kata Elly. M

Wakil Dekan FEB Unitri, Ahmad Mukoffi SE MSAk, ikut menambahkan, seminar ini juga sebagai salah satu upaya Unitri untuk menyiapkan mahasiswa menghadapi revolusi industri 4.0. Selain itu, pihak fakultas melakukan upaya penyesuaian kurikulum yang berisi pendalaman kompetensi ekonomi kreatif.

“Ada pula inisiasi kewirausahaan untuk mahasiswa. Mahasiswa Unitri banyak juga yang sukses berwirausaha. Para alumni kami yang sukses beriwirausaha selalu kami berikan kesempatan untuk berbagi ilmu dan pengalaman pada mahasiswa kami. Mahasiswa kami selalu melihat wirausaha sebagai hal yang menyenangkan, apalagi jaman sekarang sudah disupport dengan kemajuan teknologi, apapun bisa online,” kata Ahmad.

Untuk diketahui, pembicara seminar ini didatangkan dari pakar dan praktisi di bidang ekonomi dan UMKM seperti dari Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia, perbankan, GRAB, dan kemudian dari Fakultas Ekonomi Unitri sendiri.

Ratusan peserta merupakan mahasiswa, dosen, pelaku UMKM dan juga masyarakat umum. Ahmad berharap, melalui seminar ini, mahasiswa Unitri ke depan dapat bersaing dalam revolusi industri 4.0.(Der/Aka)