UM Ajak Ratusan Siswa SMA Kenalkan Bahasa Jerman

Dr. Rosidah Saat Memberi Materi Saat Workshop. (Lisdya/MVoice)
Dr. Rosidah Saat Memberi Materi Saat Workshop. (Lisdya/MVoice)

MALANGVOICE – Universitas Negeri Malang (UM) mengenalkan Bahasa Jerman kepada siswa SMA Asia Pasifik, workshop itu diikuti 200 peserta dari beberapa Negara, yakni meliputi Australia, Skotlandia, Myanmar, Vietnam, Indonesia. Selasa, (16/1).

Workshop yang digelar di Gedung Fakultas Sastra UM juga menampilkan tari Topeng Malangan. Acara terbagi menjadi tiga kelas yaitu A1 untuk kelas dasar, kelas A2 menengah, dan kelas B1 untuk level yang sudah tinggi.

Dosen Bahasa Jerman, Dr Rosidah mengatakan workshop yang diajarkan yakni untuk pembelajaran sains. Tiga kelas yang sudah terbagi nantinya akan melakukan langsung praktik bahasa jerman.

“Jadi di setiap kelas nanti akan dilakukan praktik bahasa Jerman sesuai dengan ilmu tertentu dan sesuai dengan kemampuan siswa,”ujar Roidah

Dibandingkan bahasa inggris, bahasa jerman bukanlah suatu hal yang sulit untuk dipelajari. “Belajar bahasa jerman itu tidak sulit, perlu adanya motivasi pada diri siswa, bukan seperti belajar bahasa inggris yang penulisan dan pengucapan tidak sama, bahasa jerman itu penulisan dan pengucapan sama,” ujarnya.

Selain itu, Prodi Jerman khususnya, juga sering mengadakan kegiatan tahunan yaitu pelatihan dan lomba bahasa jerman tingkat Jawa dan Bali, “Nantinya peserta yang menang akan kita kirim ke Jakarta untuk pelatihan di Jerman,” imbuhnya.

“Kalau lulusan mahasiswa jerman kebanyakan kerja di pendidikan, humas perusahaan jerman, diplomat, dan masih banyak lagi,” pungkasnya.

Rosidah juga berharap kedepannya nanti siswa SMA juga bisa memilih Bahasa Jerman sebagai jurusan kuliah, dikarenakan program pendidikan Bahasa Jerman di UM sudah tidak diragukan lagi akreditasinya.(Der/Aka)