Menuju Batu 1

Ujicoba Situng Tahap 3, KPU Batu Belum Temui Kendala

Ujicoba aplikasi Situng di KPU Kota Batu.(Miski)
Ujicoba aplikasi Situng di KPU Kota Batu.(Miski)

MALANGVOICE – Ujicoba aplikasi Sistem Penghitungan (Situng) tahap ketiga di KPU kota Batu berjalan lancar. Ujicoba sesuai arahan dari KPU RI.

Form C1 (berita acara penghitungan dan pemungutan suara) nantinya di entry ke dalam Situng.

Situng merupakan aplikasi untuk memastikan bahwa prinsip dan asas transparan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) ataupun pemilihan kepala daerah (Pilkada) dapat dijalankan dengan baik.

Aplikasi Situng diharapkan mendorong partisipasi masyarakat dalam mengawasi dan mengawal hasil Pilkada dari tingkat TPS sampai penetapan pemenang. Dari sisi penyelenggara Situng merupakan alat untuk memutus praktek manipulasi hasil perolehan suara, sehingga KPU bisa menjaga tingkat akurasi data dalam penyelenggaraan Pilkada serentak.

“Belum ditemukan kendala. Ujicoba pertama dan kedua terkendala kapasitas dan hasil scan,” kata Komisioner KPU, Azhar Chilmi, Rabu (18/1).

Form C1 yang di entry nantinya dari setiap TPS. Ada 420 TPS tersebar di 24 desa/kelurahan dari tiga kecamatan. Meliputi data pemilih, surat suara dipakai, suara sah dan tidak, hingga perolehan masing-masing calon.

Dikatakan, proses entry form C1 saat hari H bisa terkendala apabila koneksi dan jaringan bermasalah.

“Petugas kami sudah siap. Kami target saat hari H, pengumpulan C1 sampai pukul 16.00 WIB dan pukul 21.00 WIB sudah selesai. Sehingga masyarakat bisa memantau sementara hasil Pilwali, tapi hasil resmi tetap melalui rekap suara,” jelasnya.