Tol Mapan Dibuka Fungsional, Diharap Kurangi Macet Selama Nataru

Kondisi jalan Tol Mapan. (Istimewa)

MALANGVOICE – Tol Malang – Pandaan (Mapan) sudah beroperasi mulai hari ini Jumat (21/12). Meski masih bersifat fungsional, tol tersebut diprediksi mampu mengurangi kemacetan selama Natal dan Tahun Baru 2019.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Malang Ipda Ahmad Taufik, menyampaikan, dengan dioperasikan secara fungsional dari Surabaya menuju Malang ini dapat mengurangi kemacetan di Lawang.

“Di hari pertama pengoperasian, masyarakat mulai menggunakan jalan tol ini,” katanya.

Akan tetapi, lanjut Taufik, para pengguna jalan tol ini diharapkan berhati-hati dan memerhatikan rambu-rambu sementara yang telah dipasang pihak kepolisian dan PT Jasamarga Pandaan Malang terutama tentang batas kecepatan berkendara.

“Para pengguna jalan tol ini diimbau supaya memperhatikan kecepatan kendaraannya. Kalau rambunya 40 km/jam diturunkan kecepatan jadi 20 km/jam,” jelasnya.

Taufik beralasan, selain penerangan jalan belum maksimal atau terpasang semua, beberapa pekerja masih tampak di ruas tol sepanjang 38,48 kilometer ini.

“Kondisi jalan tol ini masih belum selesai dan dioperasikan secara fungsional,” tandasnya.

Perlu diketahui, jalan Tol Mapan ini dioperasikan fungsional mulai 21-25 dan 28-31 Desember hanya pada pukul 07.00 – 17.00 WIB dan khusus untuk kendaraan pribadi non bus dari arah Pandaan menuju Malang. Sedangkan pada 26-27 Desember 2018 dan 1-3 Januari 2019 atau usai perayaan Nataru Tol Mapan dibuka untuk arus balik dari arah Malang menuju Pandaan. (Der/Ulm)