Tips Memilih Sepatu Jogging

MALANGVOICE – Siapa yang tak suka jogging. Olahraga ini simpel dan bukan olahraga berat. Jogging bisa dilakukan bersama dengan keluarga dan sahabat terutama di hari Minggu. Apalagi, di kota-kota terntentu, pemerintah sudah memberlakukan Car Free Day setiap hari Minggu. Masyarakat diharapkan semakin bersemangat untuk berolahraga pagi.

Namun, tahukah sepatu yang kita gunakan untuk jogging ternyata bisa menyebabkan cedera apabila pemilihan sepatu tidak cocok dengan tipe kaki kita. Yuk simak tips membeli sepatu jogging yang pas.

1. Perhatikan ukuran dan tipe kaki.
Ambilah selembar kertas sebagai alat. Basahi kaki dan injak kertas tersebut. Jejak kaki yang berlekuk antara bagian depan dan tumit menandakan bahwa kaki kita adalah tipe kaki melengkung. Gunakan sol sepatu yang melengkung. Begitu jg sebaliknya.

2. Sesuaikan ukuran sepatu.
Pilih sepatu dengan ukuran yang sesuai kaki. Ketika membeli sepatu jangan pernah mencobanya tanpa memakai kaos kaki.

3. Sepatu khusus lari.
Rata-rata sepatu olahraga memiliki desain lebih ringan dan kurang stabil dibandingkan sepatu lari. Sepatu lari didesain hanya untuk olahraga baik yang sifatnya jauh atau dekat. Semakin jauh jarak tempuh berlari, semakin panjang pula duri yang dibutuhkan sol sepatu. Begitu pula sebaliknya.

4. Beli sepatu malam hari.
Kenapa malam? Karena kaki akan membesar pada malam hari. Jadi, menghindarkan kita dari kemungkinan sepatu yang kekecilan. Jangan lupa ganti sepatu secara rutin, untuk menggantikan sepatu yang sudah digunakan kurang lebih 350-400 mil.