Hasil Survei Pilkada Batu

Temuan LSI, Banyak Warga Tak Tahu Nomor Urut Paslon

Direktur Citra Komunikasi LSI saat rilis hasil survei jelang Pilwali Kota Batu.(Miski)
Direktur Citra Komunikasi LSI saat rilis hasil survei jelang Pilwali Kota Batu.(Miski)

MALANGVOICE – Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia Denny JA menemukan banyaknya warga yang tidak tahu nomor Pasangan Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Batu.

Temuan itu berangkat dari hasil survei periode 17-23 Januari terhadap 440 responden.

Ketika warga ditanya berapa nomor urut pasangan calon tertentu, 59,1 persen menjawab benar nomor Paslon Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso. Sebanyak 38,8 persen tidak menjawab dan hanya 2,1 menjawab salah.

Sedangkan tiga Paslon lain, rata-rata 30 persen respoden menjawab benar, lebih 10 persen menjawab salah dan 50 persen tidak menjawab.

“Ini menjadi PR besar bagi penyelenggara, yakni KPU. Banyak warga yang tak tahu nomor Paslon,” kata Direktur Citra Komunikasi LSI, Toto Izul Fatah, Kamis (26/1).

Baca juga: Survei LSI Denny JA: Dewanti-Punjul Unggul Jauh

Hal sama ditemukan di lapangan, saat responden ditanya soal kapan waktu pemilihan.

Kendati demikian, pihaknya belum memiliki data pasti penyebab dan faktor-faktornya.

Bahkan, ada kecenderungan masyarakat tida terlalu peduli akan adanya Pilkada.

“Bisa karena sosialisasi dari KPU kuran massif, tidak mengena ke masyarakat. Bisa juga karena apatisme masyarakat, tapi ini kan tidak dapat dibenarkan. KPU harus lebih maksimal lagi,” sarannya.

Empat Paslon bersaing di Pilwali Kota Batu. Yakni nomor uru 1 Rudi-Sujono, nomor 2 Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso, nomor 3 Hairuddin-Hendra Angga Sonatha dan nomor 4 Abdul Majid-Kasmuri Idris.