Malang Tempo Doeloe 2017

Tank dan Senjata Zaman Perjuangan Milik Divif 2/Kostrad Mejeng di MTD

Meriam yang digunakan dalam perang 1965. (Deny Rahmawan)

MALANGVOICE – Gelaran Malang Tempo Doeloe (MTD) 2017 kali ini bakal diminati banyak orang, selain menyuguhkan penampilan tema kota zaman dahulu, juga bakal dimeriahkan stan unik, termasuk dari Divif 2/Kostrad.

Stan yang berdiri di depan bundaran Jalan Simpang Balapan ini menyuguhkan beberapa alat tempur zaman dahulu. Seperti tank, senjata dan pakaian.

“Semua di sini benda sejarah yang pernah digunakan Divif 2/Kostrad, dulu namanya Kopur 2. Ada meriam tahun 1976 yang digunakan merebut Kota Dili, foto saat penugasan 1965 dan banyak lagi,” kata koordinator lapangan, Lettu Inf Pujiono.

Tak hanya itu, dua tank peninggalan Belanda buatan Inggris yang digunakan saat peristiwa 10 November 1945 di Kota Surabaya, yang merupakan salah satu pertempuran terbesar dan terberat di Indonesia kala itu.

“Kami ingin berpartisipasi dalam MTD kali ini. Sekaligus memperkenalkan sejarah yang ada di Divif 2/Kostrad. Konsep pun diseting sedemikian rupa sehingga seperti zaman dahulu,” lanjutnya.

Selain itu, anggota Divif 2/Kostrad pun akan senantiasa mengajari para pengunjung yang hadir. Serta memberikan hadiah bagi yang beruntung melalui lomba swafoto atau selfie.

MTD berlangsung pada Minggu (12/11) besok di kawasan Jalan Simpang Balapan. Even ini ditunggu masyarakat Kota Malang khususnya karena sempat vakum sejak 2011 silam.(Der/Yei)