Semua Pihak Diharap Mampu Menanggulangi Bencana

Rapat koordinasi penanggulangan bencana. (istimewa)
Rapat koordinasi penanggulangan bencana. (istimewa)

MALANGVOICE – Bencana alam dapat terjadi sewaktu-waktu, terutama saat musim hujan tiba. Karena itu semua pihak harus siaga dengan segala situasi yang tak diinginkan, termasuk anggota Korem 083/Bdj.

Pada Selasa (14/11), dilakukan rapat koordinasi penanggulangan bencana alam di ruang data Makorem 083/Bdj, yang dipimpin langsung Kasiops Korem 083/Bdj, Letkol Arm Budi Santoso.

‚ÄĚRapat ini bertujuan mempersiapkan atau mengoordinasikan kepada instansi terkait dan masyarakat siapa dan berbuat apa, sehingga tercipta kerja sama penanggulangan bencana alam sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing,” Jelas Budi Santoso.

Kekompakan dan kesiapan merupakan hal yang sangat penting dalam penanggulangan bencana alam yang terjadi di manapun. Kegiatan itu diharap membentuk kesiapan untuk menanggulangi bencana alam yang sewaktu waktu bisa terjadi kapan saja.

Dalam rapat tersebut juga membahas bagaimana meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam antisipasi tentang bencana alam khususnya di wilayah Kawasan Rawan Bencana (KRB). Tak hanya jajaran TNI saja, Pemda setempat pun harus paham bagaimana menanggulangi bencana.

“Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan aparat Pemda beserta jajaranya dalam antisipasi bencana alam. Serta peningkatan kualitas sarana dan prasarana,” tandasnya.(Der/Aka)