Musim Haji 2017

Sebelum Berangkat, Persiapan CJH Harus Maksimal

Calon Jemaah Haji Kota Malang.
Calon Jemaah Haji Kota Malang.

MALANGVOICE – Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji berpesan kepada CJH untuk mempersiapkan diri secara maksimal. Hal ini disampaikan saat pelepasan Calon Jemaah Haji (CJH) anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Masjid Baiturrohim Balai Kota Malang, Selasa (1/8).

Segala aspek harus diperhatikan sebelum CJH terbang ke tanah suci. Karena itu , CJH harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, baik sebelum maupun saat sedang menjalani setiap tahapan haji.

“Waktu yang ada bisa dimanfaatkan dengan memperbanyak membaca talbiyah, takbir dan amalan-amalan sunnah serta memperbanyak doa khususnya di tempat-tempat mustajabah baik di Makkah maupun Madinah,” ungkapnya.

Dengan begitu, harapannya sekembalinya dari tanah suci dapat menyandang haji mabrur. Selain itu, persiapan jasmani juga harus diperhatikan.

“Tak kalah penting menjaga kesehatan fisik dan mental, serta ketaqwaan merupakan suatu wujud dari keimanan, agar ibadah haji terlaksana dengan lancar,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Asih Tri Rachmi mengatakan, pihaknya terus berupaya menekan jumlah CJH yang masuk kategori risiko tinggi. Memang, lanjut dia, tahun ini masih ada CJH yang masuk kategori tersebut.

“Ada yang masuk kategori risiko tinggi. Ini bisa dilihat secara umur dan riwayat penyakit. Namun kalau diketahui tidak memungkinkan berangkat, ya tentu tidak dibolehkan,” tandasnya.


Reporter: Muhammad Choirul Anwar
Editor: Muhammad Choirul Anwar
Publisher: Yunus Zakaria