Savana Bromo Terbakar, Jalur Sementara Dialihkan

Petugas berusaha memadamkan api di Bromo. (istimewa)
Petugas berusaha memadamkan api di Bromo. (istimewa)

MALANGVOICE – Lahan sekitar 65 hektare di padang rumput savana di blok Plentongan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terbakar. Api diketahui muncul sejak Sabtu (1/9).

Kepala TNBTS John Kennedie, mengatakan, hingga saat ini, Minggu (2/9) masih dilakukan pemadaman. Pihaknya menerjunkan Resort Coban Trisula (RCT), SPTN II dan Resort Tengger Laut Pasir (TLP), SPTN I utk penanganan cepat.

“Ada 15 personel petugas TNBTS turun ke lokasi juga dibantu anggota Polsek Poncokusumo serta 83 orang warga untuk memadamkan api,” kata John.

Api terletak pada levasi 45-60 derajat (curam) berupa 85 savanna (seresah alang2, verbena, adasan) dengan ketebalan 85-150 cm serta terdapat seresah cemara yang sudah kering.

John sendiri belum bisa memastikan apa penyebab kebakaran tersebut. Namun, ia berharap api segera bisa dipadamkan dan tidak meluas ke tempat lain.

“Sementara api dipadamkan, jalur lintas wisatawan ditutup dari Jemplang menuju Bromo Kabupaten Malang dan dialihkan ke pintu masuk Wonokitri Pasuruan,” tandasnya.(Der/Aka)