Ratusan Ikan Koi Berebut Jawara Nasional di Kota Batu

Dewan juri menilai peserta Kontes Koi Tingkat Nasional di Hall Jatim Park 2, Sabtu (7/4). (Aziz / MVoice)
Dewan juri menilai peserta Kontes Koi Tingkat Nasional di Hall Jatim Park 2, Sabtu (7/4). (Aziz / MVoice)

MALANGVOICE – Ratusan pecinta ikan koi berbagai daerah ramaikan Kontes Koi Nasional di Hall Jatim Park 2, Sabtu (7/4). Bertajuk 2nd Malang Koi Show, sedikitnya ada 1000 koi saling adu cantik.

Para peserta ini datang mulai dari Jakarta, Bandung, Pontianak, Sukabumi, Blitar, Makasar, Bali, Blitar dan Malang Raya. Selain kontes, momen ini juga diramaikan lelang koi. Alhasil, selain peserta lomba, ada masyarakat umum yang datang untuk sekadar menonton atau membeli ikan.

Ketua panitia National Koi Show, FX Yanuar mengatakan, selain kontes acara ini juga bertujuan untuk menyambung silahturahmi para pecinta koi seluruh Indonesia. Sehingga bisa saling kenal dan tukar informasi tentang merawat koi hingga menjadi koi berkualitas kontes.

BNN Kota Malang

“Kami tidak menyangka ikan yang diikutkan dalam 2nd Malang Koi Show ini melonjak dari target. Ada 1000 ekor yang ikut. Padahal kami target awal 600 ekor dengan 17 variestas ikan,” kata Yanuar.

Untuk penilaian, lanjut Yanuar, ada beberapa kriteria. Diantaranya body ikan, warna, kesehatan serta pola warna. Ikan koi yang masuk kategori juara, menurutnya akan memiliki nilai jual jutaan rupiah. Dewan juri beranggotakan delapan orang berkompeten tergabung dalam Asosiasi Pecinta Koi Indonesia. Beberapa bahkan pernah ikuti ajang internasional.

“Untuk ikan kontes biasanya peliharan kesayangan. Tidak dijual di sini. Kalaupun dijual harga bisa ratusan juta rupiah,” urai mantan pemain Persela Lamongan ini.(Der/Aka)