Rakernas Apeksi 2017

Rangkaian Rakernas Apeksi Dimulai Besok, Anton: Ini Sejarah!

Ilustrasi beragam pertunjukan seni bakal mewarnai rangkaian Rakernas Apeksi di Kota Malang. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Kota Malang siap melaksanakan kepercayaan sebagai tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2017. Rangkaian event ini dimulai Selasa (18/7) besok malam, dengan agenda welcome dinner.

Sebanyak 98 wali kota dari berbagai daerah, termasuk Kota Malang sendiri, dijadwalkan hadir, bersama sejumlah pendampingnya. Masing-masing Pemkot membawa serta sekitar 60 orang delegasi.

Agenda utama Rakernas Apeksi sendiri berlangsung dua hari, yakni 19-20 Juli nanti, bertempat di Hotel Savana. Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo juga dijadwalkan hadir langsung membuka gelaran ini.

Wali Kota, HM Anton, menyerukan kepada seluruh stakeholder dan warga Kota Malang agar turut menyukseskan acara ini. “Ini sejarah bagi Kota Malang. Apeksi terdiri dari 98 kota, tahun ini kita jadi tuan rumah. Ini sulit terulang lagi, karena semua kota juga ingin jadi tuan rumah,” ungkapnya.

Anton pun menegaskan, sejumlah agenda lain sudah disiapkan sebagai pelengkap kemeriahan ajang tersebut. Di luar Rakernas, kegiatan lain akan berlangsung, seperti kunjungan ke kampung konservasi air Glintung, pawai budaya nusantara, juga Indonesia City Expo (ICE).

ICE merupakan pameran produk dari 98 kota itu yang digelar di Stadion Gajayana sejak 19 Juli – 23 Juli 2017. “Dalam kegiatan ini, kita akan memperkenalkan produk kita untuk dapat bersaing dalam kancah nasional maupun internasional,” imbuh suami Hj Dewi Farida Suryani itu.


Reporter: Muhammad Choirul Anwar
Editor: Muhammad Choirul Anwar
Publisher: Yuliani Eka Indriastuti